Klinik Gelar Penulisan Kajian Pustaka Dan Pemetaan Teori Sosiologi

Klinik sosiologi program studi sosiologi fakultas ilmu sosial kembali menggelar kegiatan klinik kepenulisan. Kegiatan yang akan digelar esok hari Rabu, 19 agustus 2020 ini mengangkat tema penulisan kajian pustaka dan pemetaan teori sosiologi. Sebelumnya klinik sosiologi menggelar launching dan orasi sosiologi, serta klinik kepenulisan seri pertama. Kegiatan yang digelar secara virtual ini menghadirkan sosiolog ternama yakni satu dari internal dan satu lagi dari eksternal. Dari internal klinik menghadirkan Dr. Muhammad Syukur, M.Si. ketua jurusan sosiologi – antropologi fakultas ilmu sosial universitas negeri makassar. Sedangkan dari eksternal yakni rakhmat hidayat, Ph.D Sosiolog Universitas negeri Jakarta. Kegiatan ini akan dihadiri ketua program studi sosiologi, Idham Irwansyah, S.Sos.,M.Pd. dan akan dibuka langsung oleh Dekan FIS UNM Prof. Dr. Jumadi, M.Si.

Pada bulan agustus ini klinik sosiologi konsen menggelar kegiatan pengembangan pemahaman teoritik dan keterampilan kepenulisan. Adapun maksud dan tujuan klinik yakni sebagai berikut ; Level pertama, wadah akselerasi penyelesaian studi mahasiswa melalui pendampingan dan konsultasi perihal kepenulisan proposal hingga skripsi. Level Kedua, Arena Pengkajian ilmiah khususnya disiplin sosiologi bagi dosen internal begitupun eksternal. Level Ketiga, Kerjasama dan pendampingan kerja sosial kemasyarakatan.

  1. Level Pertama

Sebagaimana observasi proses akademik yang terjadi dilingkup program studi sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Maka dilihat ada satu masalah yang penting untuk diperhatikan yakni kurangnya mahasiswa mengusulkan rancangan proposal penelitian apda waktunya. Mahasiswa sosiologi angkatan 2017 yang seharusnya sudah mengusulkan rancangan proposal terlihat sangat kurang. Problem keterlambatan penyelesaian mahasiswa bukan masalah hari ini saja melainkan sudah menjadi kondisi secara turun temurun. Bahkan masalah seperti ini menjadi momok yang ditakuti oleh semua program studi. Sebagaimana yang diketahui bahwa kecepatan penyelesaian mahasiswa menjadi satu indikator penting dalam menilai pengelolahan proses akademik pada program studi. Kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan pelayanan akademik khususnya yang ada pada program studi sosiologi. Bahwa segala kegiatan yang diinisiasi sebagai satu bentuk melayani kebutuhan mahasiswa. Inilah yang kami maksud sebagai target pada level pertama.

  1. Level Kedua

Pada level kedua, melalui klinik sosiologi maka program studi sosiologi akan menumbuhkembangkan budaya kajian dan riset ilmu sosial. Kegiatan yang dilaksakan akan melibatkan akademisi dan pihak yang kompeten baik dari internal begitupun eksternal. Hal ini tidak sulit bagi klinik karena program studi sosialogi sudah berjejaring dengan berbagai asosiasi program studi sosioogi seluruh Indonesia. Bahkan dalam proses penggodokan klinik sosiologi ini sudah melakukan komunikasi dengan jejaring yang dimaksud, termasuk ketua asosiasi.

  1. Level Ketiga

Sedangkan pada level ketiga, melalui klinik sosiologi maka akan berupaya membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang relevan baik dalam skala nasional maupun internasional. Klinik sosiologi juga akan mengkanalisasi kembali pihak yang pernah menjalin kerjasama untuk melaklukan kegiatan tindak lanjut, berupa pendampingan ataupun advokasi sosial kemasyarakatan yang bersifat saling menguntungkan.