Sosiologi UNM-ICRP akan Webinar, Hadirkan Profesor Sosiologi Amerika

Klinik Sosiologi Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menyelenggarakan Webinar Internasional dengan mengangkat isu gender, khususnya di Indonesia. Webinar ini digelar kerjasama Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Selasa,
(06/10/2020).

Rujukan utama dalam seminar ini adalah buku karya Prof. Musdah mulia berjudul Ensklopedia Muslimah Reformis. Buku tersebut menjadi bahan untuk memantik jalannya percakapan perihal tema di atas dari berbagai perspektif, seperti feminisme, Sosiologi gender, HAM, serta teks Keagamaan, ungkap Sopian Tamrin, ketua panitia.

Selain mendatangkan penulisnya, Prof. Dr. Musda Mulia, MA, kegiatan ini akan diisi beberapa narasumber ternama dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri.

Diantaranya, Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., Ph.D (Guru Besar Gender UIN Sunan Kalijaga, juga komisioner KOMNAS Perempuan RI), Prof. Dr.Emy Susanti.,MA (Ketua Asosiasi Pusat Studi Wanita Gender Anak dan Keluarga Indonesia (ASWGI).

Prof. Dr. Gadis Arivia Effendi, S.S (Professor Sosiologi Montgomery College, Maryland, USA beliau juga Aktivis gerakan perempuan, sekaligus Pendiri Yayasan Jurnal Perempuan), sedangkan dari internal ada Ibu Dr. Lu’mu Taris, M.Pd. (Ketua Pusat Penelitian Gender dan Anak LP2M UNM), tandas Sopian Tamrin, Pengelola klinik Sosiologi.

Dr. (Cand) Idham Irwansyah, S.Sos.,M.Pd. selaku Ketua Prodi Sosiologi menyampaikan, kegiatan ini dibuat berkat kerjasama dengan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP).

“Slain itu, tentu atas dukungan pimpinan fakultas dan universitas. Ini adalah kegiatan kerjasama yang kesekian kalinya semenjak Klinik sosiologi di launching. Sebelumnya ada kerjasama dengan LP2M dengan mendatang direktur BPIP dan Kegiatan kerjasama dengan dinas sosial baru-baru ini,” ujarnya.

“Kegiatan ini masih kita laksanakan secara virtual melihat pandemic covid-19 belum juga berakhir. Tapi kami akan menampung peserta agar tidak ada yang kecewa dengan menyediakan fasilitas zoom seribu participant itupun masih akan disambungkan dengan streaming youtube dan media sosial lain,” sambung Idham.

Kegiatan ini juga akan membagikan beberapa dorprize buku bagi peserta dengan pertanyaan – pertanyaan terbaik, ungkap Ibu Atik dari ICRP. Bukunya langsung akan dikirim ke alamat penanya masing-masing. tambah beliau.