Launching MBKM Mandiri, Prodi Sosiologi UNM Angkat Tema ;Kolaborasi adalah Kunci

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar Gelar Launching dan Pembekalan Magang MBKM Mandiri hari ini (20/072022). Kegiatan ini berlangsung di Ballroom lantai 2 gedung phinisi UNM.

“Magang itu konsep pembelajaran langsung. Jika mendengarkan kemungkinannya akan lupa. Tapi jika dilakukan baru akan diketahui dengan baik.” Ungkap Dekan FIS-H UNM, Prof. Dr. Jumadi, M.Si saat membuka acara.

Launching ini mengundang Dr. Khaeruddin M.Pd, Ketua Tim MBKM UNM, sebagai pembicara utama yang bertajuk ‘Kolaborasi MKM adalah Kunci’ Dalam pemaparannya, Dr. Khaeruddin MBKM menyampaikan kolaborasi merupakan cara belajar yang paling efektif. Keterampilan di masa depan adalah orang yang mampu berkomunikasi dan berkolaborasi. Beliau menegaskan kolaborasi adalah syarat untuk mencapai kunci sukses.

“Masa depan mahasiswa harus mengenal di mana ia mengenal output keilmuannya. Mahasiswa saat ini mesti memiliki softskill untuk menunjang disiplin keilmuannya, dan mitra magang adalah kunci menuju kesuksesan,” tambahnya.

Dr. Idham Irwansyah, S.Sos.,M.Pd.dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya program studi membekali mahasiswa sebelum terlibat dalam program kerja social yang dilakukan lembaga mitra.

Saat ini ada 10 lembaga mitra yang akan menjadi tempat mahasiswa melaksanakan mahang, yakni ; 1. Badan Penanggulangan Bencana Sulsel (BPBD), 2. Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), 3. Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kementerian PUPR Korkom Makassar, 4. KPU Sulsel, 5. KPU Wajo, 6. Jurnal Celebes, 7. Pusat Studi Rakyat, 8. Wajo Institute, 9. ICJ Makassar, 10. Klik Hijau.com. Tambahnya.

Kegiatan launching ini turut pula mengagendakan penandatangan MoU antara Prodi Sosiologi FIS-H UNM dengan dua lembaga mitra KPU Prov. Sulsel dan Klikhijau.com. Sedangkan kedelapan lembaga mitra lainnya telah rampung penandatangannya beberapa waktu yang lalu.

Sopian Thamrin, selaku ketua penyelenggara, menyatakan kegiatan Launching MBKM ini diikuti oleh 52 mahasiswa peserta Magang. Kegiatan terbagi menjadi dua agenda yakni pebekalan bersama dan pembekalan internal. Pembekalan bersama akan diisi oleh narasumber dari lembaga mitra terkait gambaran program kerja sedangkan pembekalan internal akan berlanjut selama dua hari kemudian dengan menguraikan secara tuntas juknis panduan MBKM mulai dari etika magang hingga tata cara penulisan laporan. Tentu kesempatan ini juga akan membekali mahasiswa dengan keterampilan keilmuan sosiologi, seperti metode pekerja social dan praktik kerja pembangunan social.