Magang di KPU, Mahasiswa Sosiologi UNM Fokus Program Pendidikan Politik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyambut mahasiswa Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM), sebagai peserta Magang Mandiri tahun Ajaran 2022/2023. Kegiatan ini bertempat di aula kantor KPU Sulsel, Jl. A.P. Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari Senin, 25 Juli 2022.

Mahasiswa diterima oleh jajaran pimpinan sekretariat KPU Sulsel, yakni Kabag Hukum dan SDM, Kabag Perencanaan, Data dan Informasi, Kabag keuangan. Dalam momen penerimaan mahasiswa Ismail Masse,SE selaku kabag hukum menyampaikan peran mahasiswa sangat penting khususnya dalam agenda pendidikan politik.

Sopian Tamrin sebagai dosen pendamping berharap mahasiswa peserta magang bisa menerapkan konsep sosiologi politik dalam proses pemagangan. Tentu gagasan dan ide kreatif mahasiswa diharapkan memberikan sentuhan berbeda kepada mitra dan menambah pengalaman mahasiswa dalam dunia kerja.

Dalam kesempatan ini, Aminuddin Yunus sebagai Kabag Perencanaan Data dan Informasi memperkenalkan aplikasi Lindungi Hakmu. Aplikasi ini merupakan aplikasi layanan dari KPU yang memberikan informasi kepada masyarakat terkait apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk pengenalan awal secara resmi sekaligus penempatan mahsiswa di tiap-tiap kasubag.