Mahasiswa Sosiologi UNM Mengkuti Simulasi Penanggulangan Bencana

Sosiologi News… Mahasiswa yang ditempatkan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan tergerak untuk turun lapangan melalui program kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan di SMA Negeri 4 Gowa pada hari Jumat, (30 Agustus 2022).

 

Tujuan diadakannya program Simulasi Penanggulangan Bencana ini agar dapat meningkatkan kapasitas menghadapi ancaman bahaya serta mampu melakukan segala upaya untuk mengurangi atau meminimalisir resiko bencana.

 

“Bagaimana kita menyikapi jika terjadi bencana, dan bagaimana menyelematkan diri maupun orang lain sehingga bilamana terjadi musibah kita dapat meminimalisir korban jiwa maupun kerusakan dan kerugian bencana”. Tutur Drs Muhammad Akbar, M.Si. selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Gowa

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Drs. Muhammad Firda, M. Si., Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa “Melalui kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana ini, kami dapat memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pada kalangan siswa/i yang berada di SMA Negeri 4 Gowa”.

 

Tercatat sebanyak 80 peserta, yaitu 50 Siswa/i dan 30 anggota BPBD yang ikut serta dalam program kegiatan ini. Kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana ini dipimpin oleh Bapak H. Syakhruddin DN selaku Tim Simulasi Perintis Tagana Sulawesi Selatan. Dimana kegiatan tersebut dimulai dengan pemberian materi  dan diakhiri dengan praktek Simulasi Penanggulangan Bencana sebagai bentuk implementasi dari materi.

 

Bapak Drs Muhammad Akbar, M.Si selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Gowa mengatakan bahwa diharapkan kepada regenerasi agar dapat berbagi ilmu kepada masyarakat sekitar, bagaimana menyelamatkan diri dan orang lain serta bagaimana bersikap ketika terjadi bencana.

Editor : ST