Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Sosiologi UNM dalam Program MBKM Mandiri 2023

Info.sosiologi.fis.unm… Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melaksanakan kegiatan Pembekalan sekaligus Pelepasan mahasiswa MBKM Mandiri dalam program magang/praktik kerja yang diadakan di ruangan BE 103, Gedung Flamboyan FIS-H UNM, Kamis (26/1/2023).

Pembukaan Program MBKM Mandiri skema magang/praktik kerja dibuka langsung oleh ketua prodi Sosiologi UNM, bapak Idham Irwansyah Idrus, S. Sos., M. Pd dan juga arahan terkait magang yang disampaikan bapak Mario, S.Sos., M.Si.

“Kegiatan magang mandiri di semester genap ini akan diikuti oleh 33 peserta yang akan menempati 8 lembaga mitra, dimana 30 mahasiswa dari angkatan 2020 dan 2 mahasiswa dari angkatan 2019”, kata ketua prodi Sosiologi UNM, bapak Idham Irwansyah Idrus, S. Sos., M. Pd..

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Bapak Dr. Rahmatullah, S.Pd., M.E selaku Koordinator PT MSIB UNM yang memberikan penjelasan mengenai penggunaan website SIM-MBKM UNM yang akan digunakan oleh mahasiswa dalam melaporkan kegiatan selama melaksanakan magang di mitra/lembaga. Selain itu, website SIM-MBKM UNM juga akan digunakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk memeriksa laporan mahasiswa serta untuk KPAP melakukan verifikasi dan validasi rekognisi mata kuliah mahasiswa.

Pada pembekalan magang/praktik kerja yang ditujukan untuk para mahasiswa sebagai peserta MBKM mandiri, terdapat materi yang dipaparkan oleh beberapa dosen sosiologi UNM, diantaranya Jusnawati, S.Sos., M.Si dan Riri Amandaria, S.Sos., M.Si yang memaparkan materi mengenai Etika Pelaksanaan Magang. Bahrul Amsal, S.Sos., M.Si dan Mauliadi Ramli, S.Sos., M. Sosio memaparkan materi Penulisan & Penyusunan Laporan Magang. Materi mengenai Videografi dipaparkan oleh Muh. Rijal, S.Sos., M.Si.

Bapak Dr. Muhammad Syukur, S.Ag, M.Si selaku WD 1 FIS-H UNM dalam agenda Pelepasan peserta magang di semester genap tahun 2022/2023 ini menyatakan Prodi Sosiologi senantiasa menghadirkan program MBKM, sehingga banyak mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program tersebut.

Selain itu, Sopian Tamrin, S.Pd., M.Pd juga turut menyatakan bahwasanya terdapat mitra yang telah menyetujui kerjasama dengan prodi untuk pelaksanaan magang, yakni Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sulawesi Selatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan, KlikHijau, Institute of Community Justice (ICJ) Makassar, Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) Makassar, Jurnal Celebes, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kementerian PUPR Korkom Makassar, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan.