Prodi Sosiologi UNM dan Departemen Sosiologi UGM Jalin Kerja Sama MBKM

Universitas Negeri Makassar terus mengembangkan kerja sama Tridharma perguruan tinggi.

Yang terbaru, untuk mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM), UNM menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kerja sama ini terjadi khusus antara Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) UNM dengan Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM.

Penandatangan kerja sama antara Prodi Sosiologi UNM dan Departemen Sosiologi UGM ini berlangsung di ruang Sidang Dekanat Fisipol UGM Yogyakarta, Senin (27/5/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut  Dekan FIS-H UNM Prof. Dr. Jumadi, M.Si, Wakil Dekan Bidang Adminstrasi & Keuangan FIS-H UNM Prof. Dr. Andi Aslinda,  Wakil Dekan Bidang Kerjasama FIS-H UNM Prof. Dr. Andi Kasmawati, dan Ketua Prodi Sosiologi UNM Dr. Idham Irwansyah Idrus, M.Pd.

Sementara itu, di pihak UGM sebagai tuan rumah hadir menyambut rombongan UNM yakni Dekan FISIPOL UGM Dr. Wawan Mas’udi didampingi Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni FISIPOL UGM Fina Itriati, M.A., Ph.D.

Dekan Fisipol UGM Dr. Wawan Mas’udi menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan Prodi Sosiologi UNM.

Baginya, kerja sama ini nantinya akan terimplementasi ke berbagai bentuk kegiatan bersama.

“Kami mengapresiasi kerja sama ini. Kami tentu berharap kerja sama ini nantinya dapat diimplementasikan dalam berbagai kegiatan, baik perkuliahan maupun penelitian, termasuk program Merdeka belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ucapnya.

Pada kesempatan itu Dr. Wawan Mas’udi juga menjelaskan program-program studi, mulai dari jenjang S1 hingga S3 serta berbagai lembaga atau pusat kajian yang dikelola oleh FISIPOL UGM.

Sementara itu Dekan FIS-H UNM Prof. Dr. Jumadi, M.Si berterima kasih dan mengapresiasi pula pihak UGM yang menerima dengan baik kunjungan mereka.

Menurutnya kerja sama ini nantinya akan saling menguntungkan kedua bela pihak terkhusus dalam pengembangan dan pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi.

“Pelaksanaan kerjasama ini nantinya dapat saling menguntungkan kedua belah pihak, dapat saling memfasilitasi untuk berbagai program sebagaimana tertuang dalam naskah kerjasama. Keberadaan SDM yang ada pada kedua lembaga nantinya akan dapat saling melengkapi satu sama lain, sehingga implementasi kerjasama tentu akan dapat berjalan baik, sebagaimana harapan Dekan FISIPOL UGM dan kita semua,” ujarnya.

Setelah penandatanganan kerjasama, dilanjutkan dengan saling bertukar cendera mata.

Kemudian diakhiri dengan kunjungan tim FIS-H UNM ke beberapa ruang dan fasilitas yang tersedia di FISIPOL UGM.

Antara lain ke Digital Library dan mengunjungi Center for Digital Society, salah satu Pusat Kajian di bawah naungan Fisipol UGM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *