Mahasiswa Sosiologi UNM Terpilih Sebagai Duta Literasi Provinsi Sulawesi Selatan

MAKASSAR – Dalam upaya mendorong semangat literasi bagi masyarakat, Rini Ajeng Dyah Pertiwi, seorang mahasiswa program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar angkatan 2019, berhasil terpilih sebagai Duta Literasi Provinsi Sulawesi Selatan. Proses pemilihan Duta Literasi Indonesia merupakan proses yang melalui tahap seleksi yang ketat, termasuk tahap administrasi, wawancara, pembuatan video perkenalan diri dan asal daerah, serta Focus Group Discuss (FGD) mengenai literasi digital dan tujuan Indonesia emas 2045.

Proses pemilihan Duta Literasi Indonesia dilakukan sebagaimana seleksi pada umumnya, yakni untuk menemukan calon yang paling mumpuni dan memiliki orientasi yang sesuai dengan tujuan dari terbentuknya Duta Literasi. Dalam konteks ini, Rini Ajeng Dyah Pertiwi berhasil menonjolkan kemampuan dan semangatnya dalam mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan literasi di sekitarnya.

“Harapan saya dengan gelar duta literasi ini, saya ingin mengajak teman-teman yang ada disekitar saya maupun masyarakat luas untuk gemar melakukan kegiatan-kegiatan literasi,” ujar Rini Ajeng Dyah Pertiwi dengan penuh semangat. “Juga harapan saya semoga proker yang dicanangkan oleh tim DLI Prov. Sulsel kedepannya memberikan dampak yang begitu besar untuk masyarakat luas.”

Sebagai Duta Literasi Provinsi Sulawesi Selatan, Rini Ajeng Dyah Pertiwi berkomitmen untuk menjadi penggerak dalam menggaungkan semangat literasi bagi masyarakat di wilayah yang diwakilinya. Perannya sebagai duta literasi akan membawa misi penting dalam meningkatkan minat membaca dan kesadaran akan pentingnya literasi di masyarakat. Diketahui mahasiswa yang gemar diskusi ini aktif dalam beberapa organisasi.

Universitas Negeri Makassar berbangga hati atas prestasi yang diraih oleh mahasiswanya ini. Keberhasilan Rini Ajeng Dyah Pertiwi sebagai Duta Literasi Provinsi Sulawesi Selatan menunjukkan komitmen dan potensi mahasiswa untuk turut berkontribusi dalam upaya meningkatkan literasi di Indonesia.