Agro – Maritim 4.0, Nelayan Harus Melek Teknologi

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM). sukses menyelenggarakan Kuliah Umum bertemakan Maritim Nusantara Selalu Jaya Dalam Tantangan, kegiatan tersebut berlangsung secara virtual melalui media zoom dan secara live melalui kanal youtube. Lebih 500 peserta dari berbagai macam kampus dan latar disiplin ikut meramaikan kegiatan tahunan kali ini.

Dalam sambutan ketua program studi Sosiologi bapak Idham Irwansyah  S.Sos M.Pd.  Melaporkan agenda akademik tahunan yakni kuliah umum yang mengangkat tema sosiologi Maritim yang dalam pelaksanaanya dikaitkan dengan fenomena sosial yang berkembang serta  berkaitan dengan bidang kajian sosiologi. Sambung Beliau, Rasa sukur dapat menghadirkan 2 pembicara Nasional yang sangat berkompeten yakni Kementerian Kelautan walaupun pada kesempatan kuliah umum, diwakili oleh Kepala Bidan Riset dan SDM KKP dalam hal ini Prof. Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., F.RINA serta Prof. Dr Arif Satria selaku Rektor IPB, dan Ketua Forum Rektor Indonesia.

Kegiatan Kuliah Umum dibuka langsung oleh Prof. Dr. Husain Syam.M.TP selaku Rektor UNM, Rektor menyampaikan Aspresiasi dan Rasa hormat kepada Seluruh Civitas Akademika UNM, dan khususnya Program Studi Sosiologi yang telah bersusah payah menghadirkan kegiatan yang luar biasa dengan hasil yang bagus dan memuaskan dengan jumlah peserta lebih 500 partisipan. Ini luar biasa di tengah suasana pandemi kita dapat memanfaatkan teknologi untuk mengajak teman-teman untuk menjadi bagian acara pencerahan yang dikemas dengan kuliah umum oleh dua pembicara yang sangat luar biasa. Berharap pada memuntum ini  pada seluruh partisipan yang terlibat bisa memanfatkan waktu sebaik mungkin dikegiatan Virtual Kuliah Umum, Demikian Harapan Rektor UNM.

Prof. Dr Arif Satria selaku Rektor IPB dan Ketua Forum Rektor Indonesia dalam materinya mengharapkan pengembangan kemaritiman berangkat dari dunia akademik yakni kampus yang dapat mengambil peran dalam pengembangan Literasi dan Riset Kemaritiman. kemudian beliau juga menegaskan bahwa peningkatan kualitas SDM nelayan dengan memanfatkan Teknologi dalam Proses pengembangan Kemaritiman, Nelayan harus melek Teknologi.

Prof. Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., F.RINA  Kepala Badan Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia KKP, Indonesia adalah Negara Kepulauan yang 70% luas wilayah hampir sepenuhnya adalah wilayah Laut, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memanfatkan potensi yang ada, dengan mendorong pelatihan publik dalam mengembangkan SDM untuk meraih kejayaan Maritim di Nusantara.