Kelas Praktisi Mengajar, Mahasiswa Sosiologi Ikut Talkshow Seputar Film di Rumata’ Art Space

Kurikulum MBKM membawa mahasiswa mendapatkan experience belajar tidak hanya di ruang kelas. Kali ini, mahasiswa Prodi Sosiologi melalui mata kuliah Sosiologi Ekonomi mengikuti talkshow film di Rumata’ Art Space, pada Minggu 12 November 2023.

Kegiatan ini, merupakan rangkaian dari Road to JAFF 18th yang mendatangi 4 kota besar. Salah satunya, Makassar.

Talkshow yang bertajuk Film Talks: Shaping The Local Narrative menghadirkan Ajeng Parameswari, praktisi mengajar MK Sosiologi Ekonomi sekaligus President of Bioskop Online dan Garin Nugroho, film director & Festival Founder of JAAF, sebagai pembicara. Selain itu, hadir pula aktris film nasional Hannah Alrashid, komunitas, seniman, film maker, serta aktor dan aktris lokal Makassar.

Melalui talkshow ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas. Ini adalah pengalaman yang berbeda dari perkuliahan biasanya yang digelar di ruang kelas. Mahasiswa, mendapatkan pengetahuan baru mengenai film dan pentingnya menghidupkan nilai-nilai lokalitas itu sendiri dalam produksi film. Termasuk bagaimana film itu berkaitan erat dengan berbagai disiplin termasuk sosiologi, politik, ekonomi, antropologi, budaya, dan tekhnologi.

“Kegiatannya seru dan memberikan wawasan baru untuk lebih menghargai dan menggali potensi cerita-cerita lokal yang bisa menginspirasi banyak orang, juga membuka pikiran terhadap keberagaman naratif dan keunikan setiap budaya dalam industri film”, kata Syamsi, salah satu mahasiswa Prodi Sosiologi yang mengikuti talkshow.


			

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *